Laporan Ngobrolin Ide vol. 1: Youth and Passion

Passion dan anak muda adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Anak muda sebagai pemegang masa depan bangsa ini dituntut untuk memiliki passion dalam menjalankan apapun yang mereka kerjakan. Namun, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan passion? Seberapa penting passion untuk anak muda dan masa depan?

Pada 16 Desember 2012, bertempat di Comma Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, digelar Ngobrolin Ide (Ngode) yang pertama kalinya. Acara ini bertepatan dengan launching Perkumpulan Sinergi Indonesia Muda (Sinergi Muda). Dalam kesempatan ini, tema Ngode vol. 1 adalah Youth dan Passion yang dibawakan oleh Alanda Kariza sebagai moderator dan menghadirkan dua orang pembicara yaitu Andi Riyanto (RHARHARHA), seorang street artist dan Diana Rikasari, fashion blogger dan enterpreneur.

Alanda membuka forum ini dengan melontarkan sebuah pertanyaan kepada dua orang pembicara, “apa arti passion menurut kalian?”. Menurut RHARHARHA, passion itu dorongan yang luar biasa, sedangkan menurut Diana, passion itu kayak api yang mendorong kita untuk bangun setiap pagi dan melakukan kegiatan kita.

Dalam kesempatan ini, Diana dan RHARHARHA sempat berbagi pengalaman dalam perjalanan mereka menemukan passion masing-masing. Menurut Diana, perjalanan mencari passion itu sulit karena ia cukup lama mencari, dari SMA sampai kuliah. Pada awalnya Diana yang merupakan lulusan S2 International Business bekerja kantoran namun ia sempat berpindah kerja sebanyak empat kali dalam setahun. Pada saat itu ia bingung pada dirinya sendiri, apa yang sebenarnya ia ingin kerjakan sampai pada akhirnya Diana menemukan ketertarikannya pada dunia bisnis dan kewirausahaan. Setelah itu, ia memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai bisnis sepatunya.

Sementara RHARHARHA bercerita bahwa pada awalnya ia kuliah di bidang public relations namun pindah ke IKJ dengan jurusan Desain Interior lalu pindah lagi ke Kriya Kayu. Selama ia kuliah di IKJ, RHARHARHA sempat menjabat sebagai Presiden Mahasiswa IKJ dan mendirikan Sakitkuningkolektivo, suatu organisasi non-profit untuk menyalurkan segala bentuk seni di IKJ. Pada tahun 2010, RHARHARHA membuat galeri street art yang pertama dengan tema ‘Street Art and Social Movement’. Bagi RHARHARHA, street art adalah hal yang penting karena street art adalah bagian dari sejarah perjalanan bangsa ini.

RHARHARHA menambahkan bahwa dalam menemukan passion, anak muda harus memiliki SP3: Spirit Pembaharuan, Pergerakan, dan Pemberontakan. Hal ini penting supaya anak muda dapat mengembangkan daya kreatif, kepekaan terhadap lingkungan, dan berguna untuk lingkungannya. Sementara Diana menyatakan, “yang penting dalam passion adalah lo membuktikan kepada diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan juga Tuhan.”

Sebagai penutupan sesi Ngode vol. 1, RHARHARHA dan Diana memberikan beberapa pesan bagi anak muda dalam mencari dan mempertahankan passion. “Lo harus menjadi inspirasi untuk lingkungan sekitar lo, menjadi diri sendiri dan berpikiran beda. Gagasan untuk masa depan,” ujar RHARHARHA. Sedangkan menurut Diana, kita harus menganggap masa muda yang kita miliki sebagai sebuah keuntungan. Kita harus menikmati kesenangan selama masa muda kita tanpa lupa mengeksplor dan memperluas pengetahuan kita.

Jangan Ketinggalan!

Daftar di newsletter kami untuk mendapatkan informasi terbaru