Indonesian Youth Conference Wadahi Suara Pemuda Indonesia

Jakarta, 16 Juni 2010 – Komunitas kepedulian sosial pemuda The Cure For Tomorrow akan menyelenggarakan konferensi pemuda se-Indonesia – Indonesian Youth Conference (IYC) – pada tanggal 1-4 Juli 2010 di Jakarta. IYC merupakan wadah bagi pemuda Indonesia untuk bertukar ide, meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu hangat yang sedang berkembang, serta meyakinkan masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan dipertimbangkan dengan serius.

Indonesian Youth Conference merupakan sebuah Community Action Project dari Alanda Kariza selaku duta Indonesia untuk jaringan aktivis muda internasional yang diprakarsai oleh British Council – Global Changemakers. Keprihatinan terhadap perkembangan pemuda Indonesia mendorong pendiri The Cure For Tomorrow ini berinisiatif menggelar konferensi bagi pemuda Indonesia.

“Dengan berpartisipasi di berbagai konferensi dan forum diskusi pemuda tingkat internasional, kami mendengar berbagai cerita dari pemuda dari seluruh dunia mengenai pemberdayaan pemuda di negaranya masing-masing. Mereka memiliki wadah untuk didengar, mulai dari forum tahunan maupun parlemen pemuda. Kami percaya bahwa pemuda Indonesia yang jumlahnya mencapai 63 juta jiwa – setara dengan hampir 3 kali populasi total Australia atau 13 kali populasi total Singapura – memiliki potensi besar untuk itu. Kami ingin memastikan bahwa suara pemuda bisa didengar dan ditanggapi dengan serius,” ujar Alanda, Program Director Indonesian Youth Conference. Nama Indonesian Youth Conference dipilih agar gaung pemuda Indonesia yang memiliki semangat, aspirasi dan opini juga terdengar di dunia internasional.

Penyelenggaraan IYC diprakarsai oleh The Cure For Tomorrow, komunitas kepedulian sosial pemuda yang bergerak di bidang lingkungan, pendidikan, penanggulangan kemiskinan, kewirausahaan sosial dan pemberdayaan pemuda. IYC didukung oleh Tupperware Indonesia, BNI, Coca-Cola, HIVOS, Mercy Corps, Sriwijaya Air, EMAX, Yayasan Cinta Anak Bangsa, AIESEC, British Council, O Channel, Majalah Gogirl!, Majalah Provoke!, Majalah Change, Prambors Radio, BVoice Radio, Kaskus, dan anakUI.com. “Dilandasi filosofi Tupperware 3E, yaitu Enlighten (Pencerahan), Educate (Pembelajaran) dan Empower (Pemberdayaan), dukungan Tupperware Indonesia terhadap acara IYC bertujuan untuk turut membawa upaya pencerahan dan inspirasi ke tahap selanjutnya, yaitu kepada generasi muda Indonesia, melalui kegiatan yang menghadirkan tokoh-tokoh muda inspiratif,” jelas Yanti Melianty, Marketing Director Tupperware Indonesia.

Dalam acara ini, Tupperware Indonesia menghadirkan tokoh-tokoh muda seperti Shahnaz Haque sebagai Duta Tupperware 3E, Mira Lesmana (sineas dan tokoh Tupperware SheCAN!) Yoris Sebastian (penggagas dan Direktur OMG Creative), dan Dr. Yadi Haryadi (ilmuwan dari IPB).

Selain itu, Yayasan Cinta Anak Bangsa – yayasan sosial non-profit yang didirikan atas dasar kepedulian mendalam terhadap meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja Indonesia – turut mengisi sesi kesehatan dalam Festival IYC untuk berbagi tentang pengalamannya dalam merangkul ratusan ribu remaja Indonesia dalam menjalani gaya hidup sehat bebas narkoba. Veronica Colondam, pendiri dan CEO Yayasan Cinta Anak Bangsa, merupakan pembimbing Alanda dalam mempersiapkan Indonesian Youth Conference.

IYC akan diisi dengan dua jenis kegiatan yaitu Forum yang akan diselenggarakan tanggal 1-3 Juli 2010 di Wisma 678 Kemang; dan ditutup dengan Festival pada hari Minggu, 4 Juli 2010, di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta. Forum IYC akan diikuti 33 pemuda berusia 15 sampai 21 tahun yang telah dipilih untuk mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Dalam Forum IYC yang berlangsung selama 3 hari, peserta akan mengikuti berbagai seminar dan lokakarya untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Pendaftaran untuk mengikuti Forum IYC telah berlangsung pada 1 November 2009 hingga 28 Februari 2010 yang lalu melalui situs resmi IYC, www.indonesianyouthconference.org. Diharapkan Indonesian Youth Conference mampu menginspirasi para wakil provinsi serta generasi muda lainnya, untuk dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam mencari solusi dari berbagai macam kondisi, serta menjadi pemimpin dan motivator di daerah masing-masing, dan melakukan perubahan yang positif untuk sekelilingnya.

Menyambung Forum IYC, digelar Festival yang diisi seminar dan lokakarya bertema politik, lingkungan, media, industri kreatif, kesehatan, pendidikan, kebudayaan, ekonomi, anti korupsi, aktivisme dan sukarelawan, diplomasi, kependudukan global, pluralisme, sudut pembaharu, dan kewirausahaan sosial. Tak hanya itu, pagelaran musik, budaya, klinik musik dan bazaar juga akan mengisi rangkaian kegiatan Festival yang terbuka untuk umum. Tiket presale Festival IYC seharga Rp. 50.000 yang berlaku untuk pengunjung berusia 21 tahun kebawah serta Rp 60.000 yang berlaku untuk pengunjung berusia di atas 21 tahun ini bisa dibeli secara online melalui situs http://event.indonesianyouthconference.org/registration/. Tiket seharga Rp 75.000 dapat dibeli pada 4 Juli 2010 di Komunitasi Salihara, Pasar Minggu, Jakarta.

Untuk memperluas manfaat kegiatan ini di kalangan generasi muda, Tupperware Indonesia bekerja sama dengan IYC juga mengadakan sebuah kontes paska konferensi, yang dinamakan “My Empowerment Diaries”. “My Empowerment Diaries” merupakan kontes blogging dengan tema-tema yang berkaitan dengan pengembangan diri terkait dengan kehadiran dan keikutsertaan dalam acara Indonesian Youth Conference bulan Juli mendatang ataupun inspirasi dan implementasi yang didapat dari monitoring acara Indonesian Youth Conference. Untuk mengikuti kontes blogging ini, peserta harus mengunggah tulisannya di situs www.indonesianyouthconference.org. Hadiah menarik menanti para pemenang, yaitu tiket untuk mengikuti ‘Pesta Blogger’ di Jakarta pada bulan Oktober 2010 mendatang, beserta transportasi dan akomodasi gratis bagi pemenang dari luar Jakarta.

Indonesian Youth Conference (IYC)

Indonesian Youth Conference (IYC) adalah sebuah kegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan oleh pemuda dengan tujuan untuk mengumpulkan pemuda Indonesia untuk bertukar masalah dan ide, meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu terkini serta meyakinkan masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius. Kegiatan yang akan diselenggarakan tanggal 1-4 Juli 2010 ini terdiri dari dua kegiatan yang saling berkesinambungan, yaitu Forum yang menghadirkan 33 remaja berusia 15 sampai 21 tahun dari seluruh provinsi di Indonesia, dan Festival yang melibatkan para ahli, profesional, pejabat pemerintah, dan pemuda-pemuda berprestasi untuk berbicara mengenai berbagai topik, antara lain politik, lingkungan, media, industri kreatif, kesehatan, pendidikan, kebudayaan, ekonomi, anti korupsi, aktivisme dan sukarelawan, diplomasi, kependudukan global, pluralisme, sudut pembaharu dan kewirausahaan sosial. Informasi lebih lanjut bisa diakses melalui www.indonesianyouthconference.org.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

Indonesian Youth Conference

Ribka Anastasia Setiawan
Media Relations Coordinator IYC 2010
ribkha@indonesianyouthconference.org
+62818958821

Tupperware

Nunung Nurjanah
PRODIGY PR 2.0
Email: nunung@octovate.com
HP: 0812 8063988
Umayanti Utami – PR & Communication
PT. Tupperware Indonesia
Email: umayantiutami@tupperware.com
HP: 0816 955 811

Jangan Ketinggalan!

Daftar di newsletter kami untuk mendapatkan informasi terbaru